Implementasi
Pembelajaran Sosial dan Emosional (KSE)untuk
Murid dan PTK
Disusun Oleh: Welly Julita
CGP Angkatan 7 – Kaur
Bengkulu
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/79740
1. Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (KSE) untuk Murid
A. Jenis KSE :
Kesadaran Diri, fokus pada: Disiplin terhadap waktu
Bentuk Implementasi |
Skenario Penerapan |
||||||
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
(Guru ...) |
Deskripsi Tambahan |
||||||
Melakukan |
Mengatakan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Pengajaran Ekplisit |
Ø
Menghargai waktu |
Ø Waktu
tidak akan kembali Ø Jangan
pernah menyia-nyiakan waktu |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid |
Ø Saat terjadi indisiplin
terhadap waktu |
Ø 2 s.d. 5 menit |
Ø Di ruang belajar/labor Ø Sekolah |
Ø Murid dan atau guru/ PTK yang indisiplin
dan disiplin Ø Foto /video negara dengan
kedisiplinan tinggi |
Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik |
Ø
Mengikuti jadwal KBM yang telah dibuat Ø
Datang dan keluar kelas tepat waktu Ø
Membuat kesepakatan kelas bersama murid |
Ø Jika
5 menit saja kita terlambat masuk kelas atau keluar kelas maka, pembelajaran
akan terganggu. Ø Hal
yang sam juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari: jadwal penerbangan/kereta,
rapat dan lain-lainnya yang tidak sesuai jadwal maka akan berefek pada kerugian. |
|
|
|
||
Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah |
Ø Menghargai
waktu (dalam pembelajaran maupun kegiatan sekolah lainnya) |
Ø
Salah satu kunci kesuksesan adalah disiplin
terhadap waktu |
|
|
|
B.
Jenis KSE : Manajemen Diri,
tentang Mengelola emosi, pengendalian diri dan menghargai
Bentuk Implementasi |
Skenario Penerapan |
||||||
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...) |
Deskripsi Tambahan |
||||||
Melakukan |
Mengatakan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Ø Pengajaran
Ekplisit Ø Integrasi
Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik Ø Penciptaan
Iklim Kelas dan Budaya Sekolah |
Ø
Peran sebagai manajer dan sebagai teman Ø
Peran sebagai model/teladan Ø
\memberi reward/
konsekuensi) |
Ø Laa
tahdob (Jangan marah) maka balasannya adalah surga Ø Jika
kita ingin dihargai maka hargai diri kita dan orang lain Ø Belajar
itu tidak hanya di bangku sekolah tetapi juga dalam pertemanan dan kejadian
dalam hidup |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid |
Ø Saat pembelajaran Ø Saat diskusi/musyawarah Ø bekerjasama dalam tim Ø Pengambilan keputusan |
Ø 5 s.d. 30 menit |
Ø
Sekolah Ø
Ruang belajar Ø
Asrama/kamar Ø
Masyarakat |
Ø sabar Ø ikhlas Ø syukur Ø penghargaan/reward Ø murottal Ø lagu-lagu menenangkan |
C.
Jenis KSE : Kesadaran sosial,
tentang Kebersihan, Peduli, Gotong royong
Bentuk Implementasi |
Skenario Penerapan |
||||||
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...) |
Deskripsi Tambahan |
||||||
Melakukan |
Mengatakan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Ø Pengajaran
Ekplisit Ø Integrasi
Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik Ø Penciptaan
Iklim Kelas dan Budaya Sekolah |
Ø
Kebersihan: Mencontohkan (memungut sampah,
membuang sampah pada tempatnya) Ø
Peduli: Berempati, Silaturahim
dengan murid, PTK dan daerah yang mengalami musibah) Ø
Gotong royong menjaga kebersihan kelas dan
sekolah Penggiat program: Jum
at bersih Pentagon
peduli Ø
Menginstruksikan pengurus kelas untuk membuat
jadwal piket dan |
Ø Jagalah kebersihan Ø Kebersihan sebagian dari iman Ø Kebersihan pangkal kesehatan Ø Jika diri kita, lingkungan kita bersih, rapih dan wangi. Siapa yang
paling menikmatinya kalau bukan kita
maka jagalah kebersihan diri, kelas dan lingkungan sekitar kita! Ø Buang sampah pada tempatnya Ø Sekecil apapun yang kita beri, akan sangat berharga bagi saudara/i kita
yang membutuhkan Ø Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah Ø Pekerjaan jika dilakukan bersama-sama akan terasa ringan dan mudah |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid Ø Masyarakat Ø Dinas terkait/ LH Ø Donatur |
Ø Saat mendapati kelas/ papan
tulis/lantai, danlain-lain kotor, Ø Got, taman dan lingkungan
sekolah terdapat sampah di mana-mana Ø Terjadi musibah/bencana alam |
Ø 10 menit s.d. 1 jam lebih |
Ø
Taman dan lingkungan sekolah Ø
Ruang belajar Ø
Asrama/kamar Ø
Lokasi bencana |
Ø Peralatan kebersihan (penghapus,
sapu, sekop, kain pel, cangkul, lorry, parang) Ø Kotak amal Ø Jenis bantuan (uang, pakaian
layak pakai, sembako, peralatan rumah tangga) Ø Kendaraan penganggut Ø Petugas medis Ø Relawan/ psikiater dan
kerohanian |
D. Jenis
KSE : Keterampilan berelasi, tentang Menjaga hubungan baik, Pertemanan dan
persaudaraan, Membangun relasi
Bentuk Implementasi |
Skenario Penerapan |
||||||
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...) |
Deskripsi Tambahan |
||||||
Melakukan |
Mengatakan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Ø Pengajaran
Ekplisit Ø Integrasi
Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik Ø Penciptaan
Iklim Kelas dan Budaya Sekolah |
Ø
Mencontohkan (memanggil rekan sejawat, murid
dengan panggilan kesayangannya, berteman, tegur sapa, salam, sopan, santun) Ø
Menitipkan salam/ sesuatu untuk keluarga rekan
atau murid Ø
Mendoakan Ø
Penggiat program osis atau ekskul: Melakukan
komunikasi yang baik dengan stake holder dan pemangku kepentingan saat
malakukan program osis/sekolah |
Ø Kemarin
do lihat Ocik di pasar, beli apa? Ø Mohon
maaf Bapak, tolong potokopikan ini rangkap 2. Terimakasih. Ø Gimana
kabar Ibu, sehat? Ø Saya
menyayangimu karena Allah. Ana Uhibbuka fillah Ø Misal,
Surat undangan tidak hanya di antarkan ke yang bersangkutan tetapi juga
ditanya kesediaannya memenuhi undangan, Ø Meminta
bantuan dan membantu saudara |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid Ø Orang tua Ø Masyarakat Ø Dinas/badan/kantor Ø Pejabat/orang yang
diperhitungkan |
Ø Setiap saat Ø Setiap even kegiatan |
Ø 1 menit s.d. sepanjang masa |
Ø
Sekolah Ø
Di rumah Ø
Di masyarakat Ø
Dinas/badan/kantor |
Ø Ucapan Ø Rangkulan Ø Senyuman Ø Jabat tangan Ø Sapaan Ø Komunikasi yang baik Ø Kunjungan Ø Bingkisan/hadiah Ø Doa |
E.
Jenis KSE : Pengambilan keputusan
yang bertanggung jawab, tentang Tanggung jawab, melaksanakan tugas, fungsi dan
peran
Bentuk Implementasi |
Skenario Penerapan |
||||||
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...) |
Deskripsi Tambahan |
||||||
Melakukan |
Mengatakan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Ø Pengajaran
Ekplisit Ø Integrasi
Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik Ø Penciptaan
Iklim Kelas dan Budaya Sekolah |
Ø
Memberikan tugas dan tanggung jawab dalam
mengelola kelas Ø
Pembelajaran kooperatif (dengan metode PBL, PJBL,
Eksperimen, Fliped Learning dan lainnya) Ø
Membina osis /ekskul (dalam Menyusun program,
membuat kepanitiaan, membagi jobdesk,
melaksanakan program dan pelaporan) |
Ø Mengerjakan
dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah salah sau bentuk positif dari
belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri, tugas yang diemban dan orang
lain Ø Setiap
keputusan yang diambil harus dapat dipertangungjawabkan Ø Silang
pendapat itu biasa dalam musyawarah untuk mencapai mufakat, tetapi bagaimana
kita bisa belajar dewasa dan bertanggung jawab, menerima segala perbedaan
menjadi sebuah kekuatan besar mensukseskan program |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid/teman sebaya Ø Orang tua Ø Masyarakat Ø Lembaga Ø Pemangku kepentingan |
Ø Setiap saat Ø Setiap even kegiatan |
Ø 1 menit s.d. sepanjang masa |
Ø
Sekolah Ø
Kelas/ruang belajar/laboratorium Ø
Aula/mmasjid Ø
Di rumah Ø
Di masyarakat |
Ø Musyawarah Ø Diskusi kelompok Ø Kerja kelompok Ø Tugas/Projek
mapel/kelas/sekolah |
2. Penguatan Kompetensi Sosial dan
Emosional untuk Rekan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan (PTK) di Sekolah Jenjang SMA
Bentuk Penguatan |
Skenario Penerapan |
||||||
Hal yang dikembangkan |
Deskripsi Tambahan |
||||||
KSE |
Deskripsi Kegiatan |
Orang yang terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Durasi waktu |
Tempat |
Perlengkapan lain |
|
Menjadi
Teladan |
Ø Manajemen diri |
Ø Disiplin waktu Ø Pengendalian diri (emosi dan sikap) Ø Berpakaian rapih dan sopan Ø Menjaga etika dan pergaulan Ø Meningkatkan ibadah Ø Menjaga hubungan baik dengan rekan PTK, murid, keluarga dan masyarakat |
Ø Kepala Sekolah Ø PTK (Guru dan Tenaga
Kependidikan) Ø Murid Ø Pemangku kepentingan/ stakeholder Ø Media massa (cetak/
elktronik/sosial) |
Ø Setiap saat setiap waktu Ø Setiap kegiatan |
Ø Fleksibel Ø Sepanjang hayat |
Ø
Kelas Ø
Sekolah Ø
Masyarakat Ø
Media sosial Ø
Lembaga Ø
Tempat umum |
Ø Jam Ø Pakaian Ø Norma agama dan masyarakat Ø Realasi/pertemanan Ø Tupoksi Ø Keterampilan berelasi/ publik speaking Ø Kepercayaan |
Belajar Dan Berkolaborasi |
Ø Kesadaran diri Ø Kesadaran sosial Ø Keterampilan berelasi Ø Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab |
Ø Sadar
diri akan tupoksi dan peran (sebagai guru, rekan sejawat, teman, orang tua,
anggota masyarakat) Ø Peduli
sesama Ø Peka
terhadap lingkungan dan orang sekitar Ø Kerjasama
tim Ø Kolaborasi (ide, proyek) Ø Koordinasi
(dg atasan, ketua –anggota tim, stakeholder,
pemangku kepentingan) Ø Negosiasi
(Narasumber, Sponsor, EO /Event Organizer) Ø Motivasi
(Kepsek, koordinator/ anggota tim, narasumber) Ø Dokumentasi/
publikasi ( website sekolah, medsos sekolah (Fb, IG, TG, Youtube), mading,
surat kabar, radio, televisi) Ø Evaluasi
(per bidang, per kegiatan (sebelum dan setelah) Dilakukan dalam
kegiatan sekolah (Kerjasama PTK dan Osis atau lembaga. Misal dalam kegiatan
osis, Expo, ulangtahun, wisuda, PHB Islam/Nasional, pameran kreativitas
sekolah dan kegiatan lainnya). |
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar