Rabu, 01 Maret 2023

 

Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional (KSE)untuk Murid dan PTK

Disusun Oleh: Welly Julita

CGP Angkatan 7 – Kaur Bengkulu

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/79740

1.      Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional (KSE) untuk Murid

 

A.      Jenis KSE : Kesadaran Diri, fokus pada: Disiplin terhadap waktu

Bentuk Implementasi

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...)

Deskripsi Tambahan

Melakukan

Mengatakan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Pengajaran Ekplisit

Ø  Menghargai waktu

Ø  Waktu tidak akan kembali

Ø  Jangan pernah menyia-nyiakan waktu

Ø Kepala Sekolah

 

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

 

Ø Murid

Ø Saat terjadi indisiplin terhadap waktu

 

Ø 2 s.d. 5 menit

Ø Di ruang belajar/labor

Ø Sekolah

Ø Murid dan atau guru/ PTK yang indisiplin dan disiplin

Ø Foto /video negara dengan kedisiplinan tinggi

Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

 

Ø  Mengikuti jadwal KBM yang telah dibuat

Ø  Datang dan keluar kelas tepat waktu

Ø  Membuat kesepakatan kelas bersama murid

Ø  Jika 5 menit saja kita terlambat masuk kelas atau keluar kelas maka, pembelajaran akan terganggu.

Ø  Hal yang sam juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari: jadwal penerbangan/kereta, rapat dan lain-lainnya yang tidak sesuai jadwal maka akan berefek pada kerugian.

 

 

 

 

 

Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

Ø  Menghargai waktu (dalam pembelajaran maupun kegiatan sekolah lainnya)

Ø  Salah satu kunci kesuksesan adalah disiplin terhadap waktu

 

 

 

B.    Jenis KSE : Manajemen Diri, tentang Mengelola emosi, pengendalian diri dan menghargai

Bentuk Implementasi

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...)

Deskripsi Tambahan

Melakukan

Mengatakan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Ø Pengajaran Ekplisit

Ø Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

Ø Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

Ø  Peran sebagai manajer dan sebagai teman

 

Ø  Peran sebagai model/teladan

 

Ø  \memberi reward/ konsekuensi)

Ø  Laa tahdob (Jangan marah) maka balasannya adalah surga

Ø  Jika kita ingin dihargai maka hargai diri kita dan orang lain

Ø  Belajar itu tidak hanya di bangku sekolah tetapi juga dalam pertemanan dan kejadian dalam hidup

 

Ø Kepala Sekolah

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Ø Murid

Ø Saat pembelajaran

Ø Saat diskusi/musyawarah

Ø bekerjasama dalam tim

Ø Pengambilan keputusan

 

Ø 5 s.d. 30 menit

Ø Sekolah

Ø Ruang belajar

Ø Asrama/kamar

Ø Masyarakat

Ø sabar

Ø ikhlas

Ø syukur

Ø penghargaan/reward

Ø murottal

Ø lagu-lagu menenangkan

 

 

 

 

 

 

 

 

C.   Jenis KSE : Kesadaran sosial, tentang Kebersihan, Peduli, Gotong royong

Bentuk Implementasi

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...)

Deskripsi Tambahan

Melakukan

Mengatakan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Ø Pengajaran Ekplisit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

 

 

 

Ø Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

Ø  Kebersihan: Mencontohkan (memungut sampah, membuang sampah pada tempatnya)

 

Ø  Peduli:

Berempati,

Silaturahim dengan murid, PTK dan daerah yang mengalami musibah)

Ø  Gotong royong menjaga kebersihan kelas dan sekolah Penggiat program:

Jum at bersih

Pentagon peduli

Ø  Menginstruksikan pengurus kelas untuk membuat jadwal piket dan

 

Ø  Jagalah kebersihan

Ø  Kebersihan sebagian dari iman

Ø  Kebersihan pangkal kesehatan

Ø  Jika diri kita, lingkungan kita bersih, rapih dan wangi. Siapa yang paling  menikmatinya kalau bukan kita maka jagalah kebersihan diri, kelas dan lingkungan sekitar kita!

Ø  Buang sampah pada tempatnya

Ø  Sekecil apapun yang kita beri, akan sangat berharga bagi saudara/i kita yang membutuhkan

Ø  Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah

Ø  Pekerjaan jika dilakukan bersama-sama akan terasa ringan dan mudah

Ø Kepala Sekolah

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Ø Murid

Ø Masyarakat

Ø Dinas terkait/ LH

Ø Donatur

Ø Saat mendapati kelas/ papan tulis/lantai, danlain-lain kotor,

 

Ø Got, taman dan lingkungan sekolah terdapat sampah di mana-mana

 

Ø Terjadi musibah/bencana alam

 

Ø 10 menit s.d. 1 jam lebih

Ø Taman dan lingkungan sekolah

Ø Ruang belajar

Ø Asrama/kamar

Ø Lokasi bencana

Ø Peralatan kebersihan (penghapus, sapu, sekop, kain pel, cangkul, lorry, parang)

Ø Kotak amal

Ø Jenis bantuan (uang, pakaian layak pakai, sembako, peralatan rumah tangga)

Ø Kendaraan penganggut

Ø Petugas medis

Ø Relawan/ psikiater dan kerohanian

D. Jenis KSE : Keterampilan berelasi, tentang Menjaga hubungan baik, Pertemanan dan persaudaraan, Membangun relasi

Bentuk Implementasi

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...)

Deskripsi Tambahan

Melakukan

Mengatakan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Ø Pengajaran Ekplisit

 

 

 

 

Ø Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

 

 

 

Ø Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

Ø  Mencontohkan (memanggil rekan sejawat, murid dengan panggilan kesayangannya, berteman, tegur sapa, salam, sopan, santun)

Ø  Menitipkan salam/ sesuatu untuk keluarga rekan atau murid

Ø  Mendoakan

Ø  Penggiat program osis atau ekskul:

Melakukan komunikasi yang baik dengan stake holder dan pemangku kepentingan saat malakukan program osis/sekolah

 

Ø  Kemarin do lihat Ocik di pasar, beli apa?

Ø  Mohon maaf Bapak, tolong potokopikan ini rangkap 2. Terimakasih.

Ø  Gimana kabar Ibu, sehat?

Ø  Saya menyayangimu karena Allah. Ana Uhibbuka fillah

Ø  Misal, Surat undangan tidak hanya di antarkan ke yang bersangkutan tetapi juga ditanya kesediaannya memenuhi undangan,

Ø  Meminta bantuan dan membantu saudara

Ø Kepala Sekolah

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Ø Murid

Ø Orang tua

Ø Masyarakat

Ø Dinas/badan/kantor

Ø Pejabat/orang yang diperhitungkan

Ø Setiap saat

Ø Setiap even kegiatan

 

 

Ø 1 menit s.d. sepanjang masa

Ø Sekolah

Ø Di rumah

Ø Di masyarakat

Ø Dinas/badan/kantor

 

Ø Ucapan

Ø Rangkulan

Ø Senyuman

Ø Jabat tangan

Ø Sapaan

Ø Komunikasi yang baik

Ø Kunjungan

Ø Bingkisan/hadiah

Ø Doa

 

 

E.   Jenis KSE : Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, tentang Tanggung jawab, melaksanakan tugas, fungsi dan peran

Bentuk Implementasi

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran (Guru ...)

Deskripsi Tambahan

Melakukan

Mengatakan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Ø Pengajaran Ekplisit

 

 

Ø Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik

 

Ø Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah

 

Ø  Memberikan tugas dan tanggung jawab dalam mengelola kelas

Ø  Pembelajaran kooperatif (dengan metode PBL, PJBL, Eksperimen, Fliped Learning dan lainnya)

Ø  Membina osis /ekskul (dalam Menyusun program, membuat kepanitiaan, membagi jobdesk, melaksanakan program dan pelaporan)

Ø  Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah salah sau bentuk positif dari belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri, tugas yang diemban dan orang lain

Ø  Setiap keputusan yang diambil harus dapat dipertangungjawabkan

Ø  Silang pendapat itu biasa dalam musyawarah untuk mencapai mufakat, tetapi bagaimana kita bisa belajar dewasa dan bertanggung jawab, menerima segala perbedaan menjadi sebuah kekuatan besar mensukseskan program

Ø Kepala Sekolah

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Ø Murid/teman sebaya

Ø Orang tua

Ø Masyarakat

Ø Lembaga

Ø Pemangku kepentingan

Ø Setiap saat

Ø Setiap even kegiatan

 

 

Ø 1 menit s.d. sepanjang masa

Ø Sekolah

Ø Kelas/ruang belajar/laboratorium

Ø Aula/mmasjid

Ø Di rumah

Ø Di masyarakat

 

Ø Musyawarah

Ø Diskusi kelompok

Ø Kerja kelompok

Ø Tugas/Projek mapel/kelas/sekolah

 

 

 

 

2.  Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional untuk Rekan Pendidik dan

         Tenaga Kependidikan (PTK)  di Sekolah Jenjang SMA

 

Bentuk Penguatan

Skenario Penerapan

Hal yang dikembangkan

Deskripsi Tambahan

KSE

Deskripsi Kegiatan

Orang yang terlibat

Waktu Pelaksanaan

Durasi waktu

Tempat

Perlengkapan lain

Menjadi Teladan

Ø Manajemen diri

Ø  Disiplin waktu

Ø  Pengendalian diri (emosi dan sikap)

Ø  Berpakaian rapih dan sopan

Ø  Menjaga etika dan pergaulan

Ø  Meningkatkan ibadah

Ø  Menjaga hubungan baik dengan rekan PTK, murid, keluarga dan masyarakat

Ø Kepala Sekolah

 

Ø PTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

 

Ø Murid

 

Ø Pemangku kepentingan/ stakeholder

 

Ø Media massa (cetak/ elktronik/sosial)

 

Ø Setiap saat setiap waktu

Ø Setiap kegiatan

 

 

Ø Fleksibel

Ø Sepanjang hayat

Ø Kelas

Ø Sekolah

Ø Masyarakat

Ø Media sosial

Ø Lembaga

Ø Tempat umum

Ø Jam

Ø Pakaian

Ø Norma agama dan masyarakat

Ø Realasi/pertemanan

Ø Tupoksi

Ø Keterampilan berelasi/

publik speaking

Ø Kepercayaan

 

 

Belajar

Dan Berkolaborasi

Ø Kesadaran diri

 

Ø Kesadaran sosial

 

 

 

 

Ø Keterampilan berelasi

 

Ø Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

 

Ø  Sadar diri akan tupoksi dan peran (sebagai guru, rekan sejawat, teman, orang tua, anggota masyarakat)

Ø  Peduli sesama

Ø  Peka terhadap lingkungan  dan orang sekitar

Ø  Kerjasama tim

Ø  Kolaborasi  (ide, proyek)

Ø  Koordinasi (dg atasan, ketua –anggota tim, stakeholder, pemangku kepentingan)

Ø  Negosiasi (Narasumber, Sponsor, EO /Event Organizer)

Ø  Motivasi (Kepsek, koordinator/ anggota tim, narasumber)

Ø  Dokumentasi/ publikasi ( website sekolah, medsos sekolah (Fb, IG, TG, Youtube), mading, surat kabar, radio, televisi)

Ø  Evaluasi (per bidang, per kegiatan (sebelum dan setelah)

Dilakukan dalam kegiatan sekolah (Kerjasama PTK dan Osis atau lembaga. Misal dalam kegiatan osis, Expo, ulangtahun, wisuda, PHB Islam/Nasional, pameran kreativitas sekolah dan kegiatan lainnya).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar